Materi Haji dan Umroh ~ SMP Negeri 5 Probolinggo

Rabu, 10 Oktober 2018

Materi Haji dan Umroh

Video Pembelajaran Materi Haji dan Umroh


Haji adalah berkunjung ketanah suci  (ka’bah)) untuk melaksanakan  amal ibadah tertentu sesuai dengan syarat,  rukun, dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh syara’. Haji diwajibkan bagi orang-orang islam yang sudah mampu atau mempunyai biaya untuk melaksanakannya. Haji  dilaksanakanibadah  pada bulan zulhijjah.

Sedangkan umrah adalah berkunjung ke tanah suci atau Baitullah dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memenuhi syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh  syara’,  dan waktunya boleh kapan saja tidak ditentukan seperti halnya haji. 

Haji hukumnya wajib bagi orang-orang yang sudah mampu seumur hidup sekali. Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam al-qur’an surah Ali-Imran Ayat 97:


Artinya: “Padanya terdapat tanda-tanda yang jelas (di antaranya) maqam Ibrahin, barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia. Dan (diantara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh Alam. (QS. Ali Imran:97)

Sedangkan umrah hukumnya sunnah hal  ini berdasarkan sabda  Rasulullah SAW: “Haji adalah fardhu sedangkan umrah adalah “tatawwu.” (HR. muslim).

Tatawwu ialah tidak diwajibkan, tetapi  sangat baik dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dan melakukannya lebih utama daripada meninggalkannya karena tatawwu mempunyai ganjaran pahala.

Untuk Penjelasan Yang Lebih Jelas, Simak Video Berikut Ini 


Terima Kasih Atas Perhatiannya. Semoga Ilmunya Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar