Olimpiade TIK 2018 ~ SMP Negeri 5 Probolinggo

Jumat, 09 November 2018

Olimpiade TIK 2018



        Dinamika pendidikan nasional terus berjalan seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tuntutan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan ICT menjadi sebuah keniscayaan. Di sisi lain, kini seorang pendidik dihadapkan pada sebuah tantangan mengajar peserta didik yang merupakan produk generasi milenial. Mereka adalah anak-anak yang tumbuh dan dibesarkan di tengah kecanggihan teknologi di sekelilingnya. Untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam bidang ICT, tentunya mereka harus diikutsertakan pada berbagai kompetisi / lomba yang concern dalam bidang ICT. Menindaklanjuti informasi lomba dari surat Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Probolinggo maka peserta didik SMPN 5 Probolinggo mengikuti kegiatan tersebut untuk menguji kemampuan mereka dalam bidang ICT khususnya dalam kategori minecraft dan robotika.
       Olimpiade TIK ini diselenggarakan oleh pihak Dinas Pendidikan, pemuda, dan Olahrga yang dimotori oleh pihak MGMP-BTIK Kota Probolinggo. Pada Olimpiade TIK ini terbagi atas 2 kategori lomba, yakni lomba Minecraft dan Robotika yang diikuti oleh seluruh SMP Negeri dan Swasta se-Kota Probolinggo. 
      Pada Lomba Minecraft diikuti oleh 86 peserta (individual) dari SMP Negeri dan Swasta se-Kota Probolinggo. Lomba tersebut dilaksanakan di Laboratorium SMP Negeri 5 Kota Probolinggo, pada hari Selasa, 30 Oktober 2018 pada pukul 07.00 hingga pukul 13.00. Adapun selaku tim juri Minecraft terdiri dari 3 orang yakni bapak Nisfu Asrul sani, S.Kom., M.Sc., Dhania Pratita, dan Wisama Azka Muhammad yang berasal dari perguruan tinggi Institut Sepuluh Nopmeber (ITS) Surabaya.
    Sedangkan lomba Robotika diselenggarakan dalam bentuk tim, dimana setiap tim terdiri dari 2 siswa yang berasal dari SMP Negeri dan Swasta se-Kota Probolinggo. Lomba Robotika yang diikuti oleh 18 tim tersebut di selenggarakan di Aula SMP Negeri 9 Kota Probolinggo pada hari Kamis, 1 Nopember 2018 dimulai pukul 07.00 hingga 13.00. Adapun selaku tim juri Robotika terdiri dari 2 orang yakni bapak Muhammad Ali dari MtsN Pasuruan dan Muhammad Sholih dari MA Zainul Hasan Genggong Kab. Probolinggo.


Hasilnya sungguh mengejutkan! Siswa spema berhasil meraih prestasi sebagai berikut :

A. Juara 1 kategori Minecraft, atas nama Virgiawan Abimanyu

B. Juara 1 kategori robotika, atas nama Team Flash RX-02, yaitu Rangga Abdwi Rahman        dan Satrio Cahyalingga Kusuma

C. Juara 3 kategori robotika, atas nama Team Flash RX-01, yaitu Belva Dzakwan Maula          Ramadhan dan Thoriq Khoirunnas 



0 komentar:

Posting Komentar